Selasa, 11 Juni 2013

Pemberitaan Media Arab Ramai Mengenai Kerusuhan TKI di KJRI Jeddah

INTERNASIONAL - Kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah tak hanya ramai menjadi berita di tanah air, tetapi juga di media-media Arab. Tersiarnya berita kerusuhan tersebut secara luas di media-media Arab kian menjadikan citra Indonesia kian terpuruk.

Sebagaimana diberitakan, kerusuhan terjadi di KJRI Jeddah pada Ahad (9/6) sore. Ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengamuk di depan gedung KJRI. Mereka juga melempari gedung KJRI dengan batu dan membakar tumpukan sampah dan kertas yang mengakibatkan kebakaran serius.

Kerusuhan tersebut dipicu aksi protes ribuan TKI mendatangi Konsulat untuk mengurus status imigrasi mereka. Sekitar 8.000 TKI berkumpul di luar Konsulat itu. Mereka mencoba untuk mengurus berkas imigrasinya yang selama ini berstatus sebagai pekerja asing ilegal di negara itu dalam menghadapi batas waktu yang diberikan Kerajaan Saudi untuk memulihkan status mereka atau mereka harus meninggalkan Saudi.

Surat kabar Saudi Arabia Al-Madinah (10/6) menurunkan berita kerusuhan KJRI tersebut dengan judul besar "Seorang Perempuan Tewas dan 17 Warga Indonesia Lainnya Terluka dalam Kebakaran di Konsulat Mereka di Jeddah".

Surat kabar Saudi Arabia lainnya, Al-Iqtishadiyyah (10/6), menurunkan judul "Demonstrasi Warga Indonesia di depan Konsulat Negara Mereka di Jeddah Sebabkan Kebakaran dan Tewasnya Seorang Perempuan Indonesia".

Yahoonews edisi bahasa Arab (10/6) juga melansir berita di atas. Yahoo menurunkan judul "Kebakaran Sebabkan Tewasnya Seorang Perempuan Indonesia di depan Konsulat Negaranya di Saudi". Situs warta Mesir al-Mashri al-Yaum (10/6) juga menurunkan judul "Tewasnya Perempuan Indonesia dalam Rusuh dan Kebakaran di Konsulat Negaranya".

Jaringan situs berita negara-negara Arab Moheet (10/6) menurunkan berita kerusuhan KJRI tersebut dengan judul "Kerusuhan Terjadi di Konsulat Indonesia di Jeddah". (Ahmad Syifa/nuon)

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: