Minggu, 09 Juni 2013

Di Rutan Balikpapan Sel Berukuran 3x6 Dihuni Sebanyak 25 Orang

BALIKPAPAN - Tingginya angka kriminalitas di Balikpapan, membuat Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 A Balikpapan mengalami over kapasitas alias penuh. Seharunsya, pada setiap blok yakni blok B dan C  dihuni paling banyak 198 orang. Akan tetapi, saat ini satu blok diisi sebanyak 582 orang tersangka dan narapidana. Satu sel dengan ukuran 3x6 bisa diisi sebanyak 25 orang.

Permasalahan yang muncul saat ini adalah kemungkinan terjadinya konflik antar penghuni rutan. Hal-hal yang biasa memicu konflik bisa terjadi. Pertama, permasalahan-permasalahan yang terjadi diluar antara sesama warga binaan. Kedua, berselisih paham di dalam rutan itu sendiri.

Sehingga, untuk meminimalisasi konflik antar penghuni Rutan maka dalam Rutan Kelas 1 A Balikpapan mempunyai ruang khusus yang bernama Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling). Ruangan tersebut digunakan untuk mengetahui apakah tersangka atau narapidana yang akan menghuni rutan mempunyai musuh atau tidak.

Sumber: Tribun Kaltim

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: