Kamis, 20 Juni 2013

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Polsek Semayang Balikpapan Perketat Pengamanan

BALIKPAPAN - Memasuki liburan sekolah, terjadi lonjakan penumpang kapal di pelabuhan Semayang Balikpapan. Penumpang yang biasanya sepi, pada Rabu (19/6) dinihari, berjumlah ribuan. Mereka berjubel rebutan naik ke atas KM Bukit Siguntang jurusan Makassar.

Jumlah penumpang diperkirakan 2.000 orang. “Kami tidak mengetahui lonjakan penumpang cukup banyak saat ini, kemungkinan dekat musim liburan. Makanya lonjakan penumpang terjadi,” ujar Kapolsek Semayang AKP Tigor P Sihotang didampingi Kasi Humas Aiptu Supriyono kepada Balikpapan Pos, Rabu (19/6) sekira pukul 04.30 Wita.

Merespons lonjakan penumpang, anggota Polsek Semayang melakukan penjagaan dengan ketat agar tidak terjadi tindak kriminalitas di atas kapal. Setiap barang bawaan penumpang dicek apakah membawa senjata tajam atau tidak, namun dalam pengamanan kapal pada Rabu (19/6) dini hari, pukul 03.00 Wita, tidak ditemukan penumpang yang membawa senjata tajam.

“Selain mengatur penumpang yang akan naik ke atas kapal, kami juga tetap memeriksa barang bawaan penumpang, untuk menghindari ikut naiknya sajam yang dapat memicu tindak kriminalitas,” kata Tigor.

Dalam keberangkatan kali ini tidak sedikit penumpang yang membatalkan keberangkatan mereka karena sesaknya penumpang di dalam kapal. “Kami membatalkan berangkat. Kapal itu penuh, tidak ada tempat lagi,” kata seorang penumpang dengan nada kesal kepada Balikpapan Pos.

Sebelum mengangkut sekira 2.000 penumpang, KM Bukit Siguntang asal Tarakan ini telah mengangkut ribuan penumpang dari Tarakan, dan ditambah lagi ribuan penumpang yang akan naik dari pelabuhan Balikpapan.

“Dari Tarakan saja sudah banyak yang naik, ada ribuan, di sini ribuan juga,” ujar salah seorang penumpang tujuan Maumere yang transit di Balikpapan. Proses pengamanan penumpang hingga kapal berlayar berlangsung aman, tidak terjadi tindak kriminalitas.(pri) 

Sumber: Balikpapanpos

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: